Back Song

Sabtu, 28 Januari 2017

PKTM I 2016

LIMPUNG- Pelatihan Kader Taruna Melati Satu adalah proses  awal atau dasar dari pengkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah menuju jenjang yang lebih lanjut. PKTM I menekankan pada dua aspek proses, yaitu pertama, pemahaman dan pengamalan Islam secara riil dan kedua, pengenalan diri. Maksud pemahaman dan pengamalan Islam secara riil adalah belajar, memahi dan mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari membaca al-Qur’an, ibadah mahdloh, sampai dengan membentuk kelompok pengajian bersama ataupun Gerakan Jama’ah Dakwah Jama’ah (GJDJ). Adapun maksud dari pengenalan diri adalah mempelajari dan mengenali akan pribadi masing-masing melalui pengetahuan tentang hati suci sehingga muncul kesadaran yang tinggi terhadap potensi dan penghargaan terhadap diri sendiri, orang  lain, dan masyarakat.

Pelatihan Kader Taruna Melati Satu dalam rangka mencapai tujuannya mengandung empat  proses penting: Pertama, need assessment kader di tempat masing-masing, kedua,  sosialisasi dan rekruitment, ketiga, proses pelatihan, dan keempat, folow up. Masing-masing proses  memiliki tahapan dan mekanismenya sendiri-sendiri yang disesuaikan berdasarkan target  dan tujuan dari pelatihan dan jenjang pengkaderan IPM.

Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati Satu menggunakan model pelatihan yang lebih menekankan pada aspek conscientizaco atau penyadaran pribadi dan kelompok akan nilai-nilai ke-Islaman. Dengan demikian proses pelatihan ditekankan pada proses humanizing untuk mencapai target dan tujuan.

Tujuan umum Pelatihan Kader Taruna Melati Satu adalah proses pembentukan karakter  kader (character building), yaitu, siddiq, tabligh, amanah, dan fathonah, sebagai upaya penanaman nilai-nilai dasar pergerakan dan perjuangan Ikatan sebagaimana dalam tujuan IPM  dan Muhammadiyah. Ujar Ipmawan Bowo selaku Ketua Umum PC IPM Limpung dalam sambutan pembukaan acara tersebut di Gedung Muhammadiyah Center Limpung, Ahad (25/12/2016)

Tema Be A Teenager merupakan penerjemahan dari kata Pelajar Berkemajuan, harapannya dengan melalui kegiatan ini dapat mencetak generasi pelajar yang berkemajuan. lantjutan dari Ipmawan Bowo.

Bapak Nurudin Junaidi selaku perwakilan dari PC IPM Limpung berarapannya melalui PKTM I IPM ini dapat memunculkan para kader muhammadiyah yang nantinya dapat menjadi generasi penerus para tokoh dan pimpinan Muhammadiyah pada saat ini khususnya di Limpung.

By Bidang PIP PC IPM Limpung

0 komentar:

Posting Komentar